Tips Membersihkan Karburator
Monday, May 17, 2021
Karburator ialah elemen yang sungguh vital bagi kendaraan anda. Jika perawatanny tidak baik, maka besar kemungkinan kendaraan anda akan rewel di saat anda kendaraai. Berikut ini yaitu kiat - kiat yang sanggup anda pergunakan untuk merawat karburator kendaraan anda.
1. Membersihkan filter udara atau penampung debu. Lepaskan filter udara yang terpasang pada verbal karburator, lepas busa filter kemudian bersihkan dengan cairan pembersih kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi sebab sanggup membuat rusaknya pori-pori busa filter tersebut.2. Membersihkan karburator. Bukalah karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Gunakan kunci yang cocok biar alat-alat tersebut tidak praktis dol. Lepas komponen-komponen karburator kemudian tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar praktis gunakan saja cairannya bensin.
Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati kepada parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang praktis terlihat biar pada di saat pemasangan tidak resah mencarinya.
Jika sudah terlepas seluruhnya maka bersihkan karburator dengan kuas, kemudian semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlampau banyak mengamplasnya sebab sanggup membuat perubahaan ukuran diameter spuyer.
Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Menyetel tinggi pelampung. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator semestinya anda jangan lupa untuk mengendalikan tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat.
4. Merakit karburator. Pasanglah kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam motor pada kondisi mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam sampai mentok kemudian putar balik beberapa putaran sesuai dengan tolok ukur mesin atau kondisi mesin motor anda.
Anda juga mesti menyetel baut penyetel langsam yang terletak di pinggir tubuh karburator. Setel pada kondisi panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan sebab akan menghasilkan oli tidak sanggup naik sebab tidak terpompa akhir rendahnya putaran mesin. (her-berbagai sumber)
1. Membersihkan filter udara atau penampung debu. Lepaskan filter udara yang terpasang pada verbal karburator, lepas busa filter kemudian bersihkan dengan cairan pembersih kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi sebab sanggup membuat rusaknya pori-pori busa filter tersebut.2. Membersihkan karburator. Bukalah karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Gunakan kunci yang cocok biar alat-alat tersebut tidak praktis dol. Lepas komponen-komponen karburator kemudian tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar praktis gunakan saja cairannya bensin.
Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati kepada parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang praktis terlihat biar pada di saat pemasangan tidak resah mencarinya.
Jika sudah terlepas seluruhnya maka bersihkan karburator dengan kuas, kemudian semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlampau banyak mengamplasnya sebab sanggup membuat perubahaan ukuran diameter spuyer.
Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Menyetel tinggi pelampung. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator semestinya anda jangan lupa untuk mengendalikan tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat.
4. Merakit karburator. Pasanglah kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam motor pada kondisi mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam sampai mentok kemudian putar balik beberapa putaran sesuai dengan tolok ukur mesin atau kondisi mesin motor anda.
Anda juga mesti menyetel baut penyetel langsam yang terletak di pinggir tubuh karburator. Setel pada kondisi panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan sebab akan menghasilkan oli tidak sanggup naik sebab tidak terpompa akhir rendahnya putaran mesin. (her-berbagai sumber)