Cara Mudah Merawat Motor

CARA MERAWAT MOTOR

Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sungguh berperan untuk melumas komponen-komponen mesin, menyerupai piston, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as dan katup. Oleh lantaran itu, jikalau eksistensi minyak pelumas telah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka semestinya diganti. Ganti oli secara periodik dan gunakan sesuai dengan saran Pabrikan.



Cek Kondisi Aki
Jangan dibiarkan air accu melalui batas maksimum dan minimum yang balasannya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Selain itu, jikalau baterei atau accu tersebut telah melemah secepatnya diganti, alasannya yaitu jikalau dipaksakan selain kedua kutub konkret dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke kepingan kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke kanal lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya. Oleh lantaran itu, jikalau terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak tepat dan bisa memunculkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diamati jikalau accu telah lemah atau tidak dapat di starter dan distarter, semestinya ditangani penyetruman atau diganti.

Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa menghasilkan rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa membuat putus rantai. Cek juga keadaan gir, jikalau telah tajam secepatnya ganti lantaran jikalau tidak rantai bisa tiba-tiba putus.

Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan eksistensi kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika telah dewasa dan telah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka semestinya diganti. Juga amati eksistensi busi lantaran busi sungguh vital untuk kelangsungan suatu mesin kendaraan

Perhatikan Selang Bensin
Komponen yang lain yang perlu diamati selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan keadaan selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, lantaran kepingan dalam selang bisa jadi telah tidak lentur yang membuat serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengusik metode pembakaran

Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Ini agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh kepingan dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu usang memanaskan lantaran akan menghasilkan pipa knalpot menguning disamping itu cuma akan membuang-buang bensin saja.

Periksa Tekanan Angin Ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang lantaran bisa berakibat kembang ban motor rusak.
Jika tindakan tersebut ditangani dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel