Cara Setting Karburator Motor
Thursday, May 13, 2021
Tugas utama karburator yakni mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai gabungan segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena keadaan mesin & linkungan mempengaruhi settingan gabungan BB:O2.
Misal:
Kompresi kian tinggi BERARTI mesin kian panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan kian tinggi BERARTI gabungan BB tercemar air, BERARTI gabungan kian miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin mesti dikurangi mudah-mudahan suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm kian tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB kian tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg mesti diperhatiin tergolong desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer selaku penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB ketika kudapan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm imbas dari pilot jet ini dapat dibilang tidak terlampau signifikan pada kudapan gas sarat N rpm mesin yg telah tinggi.
Hal lain yg besar lengan berkuasa dengan setingan tergolong :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu kian besar maka kian banyak udara yg melalui shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy gabungan dapat pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dahulu gejala2 mesin ketika kelemahan BB dan pada biasanya BB:
1. “Ngempos” yakni tanda-tanda mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kelemahan BB
2. “Mberebet” adl tanda-tanda mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga menyerupai tertahan dan kadang diikuti dengan bunyi benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin pada biasanya BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn duduk kendala pilot jet :
Motor kl pagi sukar hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya memiliki arti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tetapi sering tiba2 kehilangan tenaga ketika putaran gas N putaran rendah memiliki arti naekin pilot jet
Motor sering over heat ketika jalan pelan memiliki arti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tetapi yummy di put atas memiliki arti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N dapat pribadi start
(ini jg gak normal) memiliki arti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada tanda-tanda ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada tanda-tanda brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos diikuti asep ngebul BERARTI suhu ketika putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang memiliki arti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain wajar BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI ketika putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja memiliki arti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, kalau mtr Brebet di put atas memiliki arti main jet hrs turun, kalau mtr suhunya tinggi di putaran atas memiliki arti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada pergantian ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk bimbingan setting krn niscaya gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk dapat diobati dengan naekin spuyer kalau detonasinya telah parah. Ini memiliki arti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
By Adi_NSRClub
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena keadaan mesin & linkungan mempengaruhi settingan gabungan BB:O2.
Misal:
Kompresi kian tinggi BERARTI mesin kian panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan kian tinggi BERARTI gabungan BB tercemar air, BERARTI gabungan kian miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin mesti dikurangi mudah-mudahan suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm kian tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB kian tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg mesti diperhatiin tergolong desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer selaku penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB ketika kudapan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm imbas dari pilot jet ini dapat dibilang tidak terlampau signifikan pada kudapan gas sarat N rpm mesin yg telah tinggi.
Hal lain yg besar lengan berkuasa dengan setingan tergolong :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu kian besar maka kian banyak udara yg melalui shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy gabungan dapat pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dahulu gejala2 mesin ketika kelemahan BB dan pada biasanya BB:
1. “Ngempos” yakni tanda-tanda mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kelemahan BB
2. “Mberebet” adl tanda-tanda mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga menyerupai tertahan dan kadang diikuti dengan bunyi benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin pada biasanya BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn duduk kendala pilot jet :
Motor kl pagi sukar hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya memiliki arti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tetapi sering tiba2 kehilangan tenaga ketika putaran gas N putaran rendah memiliki arti naekin pilot jet
Motor sering over heat ketika jalan pelan memiliki arti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tetapi yummy di put atas memiliki arti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N dapat pribadi start
(ini jg gak normal) memiliki arti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada tanda-tanda ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada tanda-tanda brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos diikuti asep ngebul BERARTI suhu ketika putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang memiliki arti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain wajar BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI ketika putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja memiliki arti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, kalau mtr Brebet di put atas memiliki arti main jet hrs turun, kalau mtr suhunya tinggi di putaran atas memiliki arti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada pergantian ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk bimbingan setting krn niscaya gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk dapat diobati dengan naekin spuyer kalau detonasinya telah parah. Ini memiliki arti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
By Adi_NSRClub