Teknik Menyetel Karburator Langsam

Teknik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan argumentasi langsamnya kegedean, karenanya dikecilin hingga sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak disarankan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?



Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini melakukan pekerjaan dengan baik menurut tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bab bawah ke mesin bab atas, kalo pada di saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan memiliki pengaruh tidak baik pada motor ente! alasannya system pelumasan kurang tepat ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seumpama seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini aku akan diskusikan sedikit perihal cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita mesti tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang mau di stel, umpamanya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini merupakan 1300 - 1500RPM

Nih caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah selanjutnya menyetel skrup udara yang ada di bab bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil



Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini merupakan kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga didapatkan 1200 - 1300RPM, dengan menyaksikan jarum penanda pada Tachometer. seumpama pada gbr dibawah ini…



Kendala yang dihadapi di saat menyetel langsam :

Mesin tersendat-sendat (tidak dapat stabil)
Periksa lubang main jet dan slow jet, tetapkan tidak tersumbat dan telah terpasang dengan baik
Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan persyaratan ) apabila tidak sesuai, maka dapat sulit langsam, alasannya adonan BB tidak tepat
Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
Putaran mesin turun terlalu usang (nge-gerung)
Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
Periksa kedudukan jarum skep & skep telah tepat dan tidak macet/seret pada di saat balik
Periksa per skep mungkin telah lemah
Periksa lubang main jet dan slow jet, tetapkan tidak tersumbat dan telah terpasang dengan baik
Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
Knalpot nembak-nembak sehabis gas ditarik
Periksa lubang main jet dan slow jet, tetapkan tidak tersumbat dan telah terpasang dengan baik
Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
Periksa dan tetapkan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Source : politeknikui.co.cc

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel