Setel Klep Tiger

Alat-alat
1.kunci klep 24 biasa ada 2 ujung, yg gede buat motor sport
2.kunci setelan klep
–>bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak namun ada juga yg pake obeng min buat ngencengin / ngendorin setelan klep
3.kunci ring 10 (buat buka mur pengunci) setelan klep tergantung mur pengunci setelan klep nya pilih yg lekuknya agak dalem mudah-mudahan dapat masuk
4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>
Pastikan ini puller buat motor, cek aja, niscaya ada ukuran dari 0.03, 0.04, 0.05, ampe 0.10. Klo salah beli suka dapet yg buat mobil, paling kecil 0.05. terus pribadi lanjut ke 0.10, 0.15, ga presisi alhasil klo buat motor.
5.Obeng min buat buka tutup magnet n lubang intip klo ga ada dapat pake tank sama ring besi / duit logam
6.Kunci busi buat buka busi
7.Kunci Socket
–> Rata-rata ukuran14
–> buat muter kruk as pas nyari TMA

Langkah-langkah Stel Kelep

1.Pastikan mesin dalam keadaan cuek dan bersihkan dahulu bab yg akan dibuka
2.Buka busi, tutup klep in-out, tutup magnet, tutup lubang intip
3.Cari TMA, putar kruk as bertentangan jarum jam, sambil liat di lubang intip, sesuaiin tanda top di magnet ma di blok mesin. TMA akan dicapai
tepat setelah klep masuk turun sekali, terus pas piston mo naek lagi itu menuju TMA. Buat muter ni kruk as, dapat make kunci socket
4.Ukur renggang klep, main-main aja bilah ukur nya. Yg mentok /seret itu dia.
- Klo di luar spek, setel ulang
- Kendorin mur pengunci
- Selipin puller + kencengin / kendorin sesuai keinginan
- Tahan, jangan ampe bergeser, kencengin mur pengunci
- Klo uda, coba ukur lagi, berganti ga? Klo ga berubah
coba diengkol beberapa kali, cari TMA, ukur lagi, harusnya gak berubah, Klo berganti back to step 1.
5.Klo uda semua, pasang balik lagi tutup, dan busi.

sumber : patra.blog.friendster.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel