Pengertian Ilmu Komputer Dan Cabang-Cabangnya Menurut Para Ahli

Pengertian dan Cabang-Cabang Ilmu Komputer Menurut para Ahli_Dalam setiap bidang ilmu apapun pastinya memiliki beberapa cabang dan turunan. Masing-masing turunan ilmu tersebut pastinya memiliki tujuan yang berlawanan walaupun konsep dasar ilmu yang digunakan merupakan sama. Tidak terkecuali dengan ilmu komputer atau komputer Science. Ilmu komputer secara biasa sanggup didefinisikan selaku ilmu yang mempelajari ihwal komputasi, perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
Dalam setiap bidang ilmu apapun pastinya memiliki beberapa cabang dan turunan Pengertian Ilmu Komputer dan Cabang-Cabangnya Menurut para Ahli

Ilmu komputer meliputi semua yang berhubungan dengan komputer, mulai dari analisa ajaib hingga topik  yang lebih faktual menyerupai bahasa pemograman, perangkat lunak dan keras pada komputer dan masih banyak lainnya. Ilmu komputer terperinci berlawanan dengan teknik komputer. Dalam ilmu komputer, Anda akan lebih ditekankan pada pemograman komputer dan software-software didalamnya. Sedangkan teknik komputer akan lebih menekankan pada perangkat keras komputer (hardware).

Untuk lebih jelasnya tentang ilmu komputer dan cabang-cabangnya berikut penjelasannya dibawah ini

A. Pengertian ilmu komputer menurut beberapa ahli

Berikut beberapa definisi ilmu komputer menurut beberapa para ahli:

1. Edsger Dijkstra
Menurut Edsger, Ilmu komputer bukan merupakan hal ihwal komputer sebagaimana astronomi bukan lah hal ihwal teleskop.

2. Richard Feynman
Ilmu komputer usianya tidak akan setua fisika, tetapi lebih muda beberapa ratus tahun. Meskipun begitu, hal ini tidak bermakna “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih minim ketimbang fisikawan. Memang jauh lebih muda, tetapi dibesarkan jauh lebih intensif.

3. Denning
Menurut Denning, Ilmu komputer merupakan studi sistematik yang berhubungan ihwal proses algoritmik yang menerangkan transformasi isu baik hal tersebut berupa teori, analisa, desain, efisiensi, dan aplikasi-aplikasi yang ada.

Ilmu komputer merupakan suatu hal yang mempelajari apa yang sanggup dan tidak sanggup dijalankan oleh beberapa acara (komputabilitas dan intelegensia buatan), ihwal bagaimana suatu acara mesti menganalisa suatu hasil (algoritma), bagaimana suatu acara mesti menyimpan dan mengambil bit dari suatu infromasi (struktur data) dan masih banyak lainnya.

B. Cabang Cabang Ilmu Komputer 

1. Matematika Komputasi
Cabang ilmu matematika komputasi merupakan ilmu matematika yang menggunakan komputasi utamanya kompter untuk menyelesaikan problem yang ada. Seiring dengan kemajuan teknologi, ilmu matematika kian meningkat dan peranan komputasi sanggup menolong menyelesaikan permasalahan dalam bidang matematika itu sendiri.

Ilmu komputasi merupakan bidang ilmu yang memiliki konsentrasi khusu pada penyusunan versi matematika dan teknik solusi yang numerik. Selain itu, penggunaan komputer juga dimanfaatkan untuk menganalisis serta memnbantu memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu sains.

Komputasi juga sanggup didefinsikan selaku cara untuk memecahkan permasalahan lewat data input dengan menggunakan algoritma. Komputasi merupakan sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Ilmu komputasi memadukan dua ilmu berlawanan didalamnya yakni komputer dan matematika.

2. Data Warehouse
Data warehouse memiliki beberapa definisi yang berlawanan menurut pertimbangan beberapa ahli, diantaranya:
  • Menurut WH. Inmon dan Richard, data warehouse merupakan koleksi data yang memiliki sifat berorientasi pada subjek, terintegrasi, time-wariant, dan yang memiliki sifat tetap dari koleksi data. 
  • Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang memiliki sifat analisis dan read only. Sehingga digunakan untuk pondasi dari metode pendukung keputusan.
  • Menurut Paul Lane, data warehouse merupakan database yang relasional dan kemudian didesain lebih query dan analisa dari proses transaksi. Database ini lazimnya memiliki history data dari proses transaksi ataupun juga dari sumber data lainnya. Data warehouse akan memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi sehingga memungkinkan organisasi memadukan data dari banyak sekali macam sumber.
Sehingga sanggup ditarik kesimpulan bahwa, data warehouse merupakan database yang saling bereaksi satu sama yang lain yang digunakan untuk query dan analisis. Memiliki sifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan tidak berubah kalau digunakan untuk pengambilan keputusan.

3. Keamanan internet
Cabang ilmu komputer ini digunakan untuk melindungi sumber-sumber dan isu data langsung didalam internet. Ketika komputer terhubung ke dalam jaringan dan saling mulai berkomunikasi, maka pastinya terdapat beberapa resiko yang mesti diperhatikan.

Keamanan internet meliputi pinjaman terhadap akun dan file internet di dalam komputer dari serangan atau gangguan asing. Contoh sederhanya merupakan menyarankan  memilih password yang baik, merubah file permission dan masih banyak lainnya.

4. Mobile Computing
Cabang ilmu ini mengacu pada rancangan paradigma yang digunakan untuk menjalankan kesibukan atau perjalanan bisnis  yang berpindah-pindah dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Beberapa teladan mobile computing antara lain merupakan Notebook, Personal Digital Assistant (PDA), wireless mobile computing, smartphone, dan lain lainnya.

Dengan menggunakan mobile computing, Anda sanggup menjalankan pekerjaan dan acara Anda dimanapun Anda berada dengan menggunakan perangkat kendaraan beroda empat dan wireless computing.

Seluruh perangkat mobile memerlukan koneksi dengan jaringan telekomunikasi yang diubahsuaikan dengan tujuan, kapabilitas dan ketersediaan koneksi setiap saat. Terdapat 4 jenis jaringan telekomunikasi yang sanggup Anda gunakan, yaitu:
  • Personal Area Network (PAN) , untuk lingkup yang sungguh kecil
  • Wireless Local Area Network (WLAN)
  • Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)
  • Wireless Wide Area Network (WWAN)
5. Algoritma
Cabang ilmu ini digunakan untuk memecahkan masalah. Definisi biasa logaritma sendiri merupakan urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan suatu masalah. Jadi, Algoritam dikehendaki untuk menampilkan perintah terhadap komputer untuk mengambil tindakan tertentu untuk memecahkan suatu kasus yang ada. Algoritma tidak cukup untuk cuma benar saja, tetapi juga mesti akurat dan efisien.

Beberapa karakteristik ilmu algoritma adalah:
  • Algoritma tidak cuma benar tetapi juga mesti akurat dan efisien. Algoritma numerik akan mengakumulasikan kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dari pembulatan yang kurang akurat. 
  • Algoritma akan memerlukan interaksi yang hendak menyebabkan penggunaan memori dan penyimpanan dalam komputer yang besar.
  • Digunakannya pengerjaan kode acara dan teknik yang digunakan untuk menghasilkan kode menjadi lebih efisien. Yang perlu Anda ingat adala algoritma yang efisien didalam satu kasus akan menjadi tidak efisien dalam kasus lain sehingga memerlukan algoritma yang lebih efisien lagi. 
6. Interaksi manusia-komputer
Interaksi antara insan dan komputer merupakan suatu rancangan acara komputer yang digunakan untuk menmabntu manusia. Yang dimaksud disini merupakan untuk mempelajari interaksi yang terjadi baik antara insan dengan komputer atau insan dengan insan lewat suatu dialog. Menggunakan bahasa yang diketahui oleh insan itu sendiri. beberapa komponen interaksi antara insan dan komputer antara lain:
  • USER, merupakan pengguna secara individu
  • Komputer, teknologi yang digunakan untuk mengendalikan proses atau metode yang ada.
7. Pemograman Komputer
Pemograman komputer merupakan kumpulan kumpulan isyarat yang sering disebut dengan source code. Biasanya source code dibentuk oleh seorang programmer dalam suatu bahasa pemograman. Di dalam pemograman komputer terdapat compiler atau kamus yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin agar komputer sanggup melakukan pekerjaan sesuai dengan acara yang diperintahkan.

Demikian ulasan yang sanggup kami sampaikan tentang pemahaman ilmu komputer dan beberapa cabang-cabang dari ilmu tersebut. Semoga isu di atas sanggup bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel